Manfaat Jaringan Komputer

Halo semuanya kali ini saya akan membahas artikel Manfaat Jaringan Komputer yuk checkitout !

Untuk mengetahui manfaat jaringan komputer, dapat ditinjau dari mengapa orang tertarik menggunakan dan untuk apa jaringan ini dipakai? Suatu perusahaan pada umumnya memiliki komputer dalam jumlah yang banyak, dan lokasinya bisa terpisah jauh, bahkan mungkin sampai antar benua jauhnya.  Harapan bagi pihak manajemen adalah mampu melakukan pengawasan/pantauan kinerja perusahaannya.

Tinjauan tujuan utama dari jaringan, yaitu adalah berbagi pakai (Resource Sharing).Resource Sharing bertujuan agar seluruh program,peralatan, khususnya data bisa digunakan oleh setiap orang yang ada pada jaringan tanpa terpengaruh oleh lokasi resource dan pemakainya. Hal ini merupakan usaha menghilangkan kendala jarak.

Tinjauan tujuan kedua dari jaringan, yaitu untuk mendapatkan keandalan tinggi (High Reliability) dengan memiliki sumber-sumber alternatif yang tersedia. Sehingga jika ada mesin satu sibuk makan mesin lain dapat melayani permintaan. Adanya multiple CPU sangat menguntungkan.

Tinjauan tujuan ketiga dari jaringan, yaitu menghemat uang (saving money). Komputer berukuran kecil mempunyai rasio herga/kinerja yang lebih baik dibandaing komputer besar. Komputer main frame mempunyai kira-kira kecepatan sepuluh kali lipat PC (Personal computer), tetapi harganya seribu kali lebih mahal.
Sehingga perancang sistem memilih mengumpulkan PC dalam sisterm jaringan, dengan data utama disimpan pada satu atau lebih mesin file server yang dapat dipakai bersama sama.
Dalam model ini para pengguna disebut Client, dan susunan keseluruhannya disebut model client-server.

Umumnya model client-server berbentuk pesan permintaan untuk melaksanakan berbagai pekerjaan dari kepada server. Setelah server selesai melaksanakan pekerjaanya, kemudian hasilnya dikirimkan kembali ke client.

Tinjauan tujuan lainnya dari jaringan, yaitu skalabilitas (scalability) , untuk meningkatkan kemampuan kinerja sistem secara bertahap sesuai beban pekerjaan yang diberikannya, dengan hanya menambahkan sejumlah prosessor, tidak perlu mengganti unit pengelola utama (server). Model client-server memungkinkan hal tersebut dilakukan.

Tiga hal pokok daya tarik pada jaringan komputer :
  1. Akses ke informasi yang berbeda ditempat yang jauh
  2. Komunikasi orang ke orang
  3. Hiburan interaktif
Aplikasi World Wide Web, berisi berbagai informasi yang banyak. Aplikasi email dapat memungkinkan orang berkomunikasi tanpa hambatan dan birokrasi. Aplikasi video conference antara orang-orang yang berjauhan. Permasalahan yang terjadi adalah munculnya dampak negatif di samping dampak positif dari keberadaan jaringan komputer yang sangat meluas ini

Sekian dari artikel Manfaat Jaringan Komputer ,semoga bermanfaat !


Share on Google Plus

About Rizky Hanum

Admin CreateShooter yang ingin menjadi sukses, suka tentang komputer dan suka mencoba custom rom android
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments: