Hardware Jaringan

Halo semuanya ! kali ini saya akan membahas artikel tentang Hardware Jaringan / Perangkat Keras Jaringan , yuk checkitout!

Ada Dua klasifikasi terpenting dari jaringan yaitu :


  1. Teknologi Transmisi
  • Jaringan Broadcast
  • Jaringan point-to-point
     2. Jarak

Saya akan membahas itu satu persatu , kita mulai dari yang nomer 1 !

  1. Teknologi Transmisi
  • Jaringan broadcast
Memiliki saluran komunikasi tunggal yang dipakai bersama-sama oleh semua mesin yang ada pada jaringan. Pengiriman pesan antarmesin berbentuk packet, Field address pada sebuah packet isinya keterangan tentang kepada siapa paket tersebut ditujukan. Jadi saat menerima packet, mesin akan mengecek field addressnya. Jika ditujukan dirinya maka akan direspon, jika bukan akan diabaikan. (umumnya dipergunakan untuk jaringan kecil)
  • Jadingan Point-to-point
Kondisi sebaliknya, jaringan point-to-point terdiri dari beberapa hubungan pasangan individu dari mesin-mesin. Untuk pergi dari sumber ke tujuan diperlukan route yang mungkin banyak dan berbeda-beda jaraknya, karena itu algoritma routing berperan penting. (umumnya dipergunakan untuk jaringan besar atau kompleks)

   
   2. Jarak

Jarak antar-prosessor
Prosessor di tempat yang sama
Contoh

0,1 M
Papan Rangkaian
Data flow machine
1 M
Sistem
Multicomputer
10 M
Ruangan
LAN
100 M
Gedung
LAN
1 Km
Kampus
LAN
10 Km
Kota
MAN
100 Km
Negara
WAN
1000 Km
Benua
WAN
10.000 Km
Planet
Internet


Data Flow Machine

Komputer-komputer paralel yang memiliki beberapa unit fungsi yang semuanya bekerja untuk program yang sama

Multicomputer

Sistem yang berkomunikasi dengan cara mengirim pesan-pesannya melalui bus pendek dan sangat cepat.

Local Area Network (LAN)

Merupakan jaringan sejati (true networks), milik pribadi. Umumnya menghubungkan PC ke workstation di kantor, dengan tujuan pemakaian resouce sharing (mis. printer). Dapat dibedakan menjadi tiga karakteristik yaitu : ukuran , teknologi transmisi dan topologinya.
Herlambang 2008

Metropolitan Area Network (MAN)
Merupakan jaringan sejati (true networks), merupakan versi dari LAN yang berukuran lebih besar dan biasanya memakai teknologi yang sama dengan LAN, MAN mampu menunjang data dan suara, dan bahkan berhungan dengan jaringan televisi kabel. MAN memiliki satu atau dua buah kabel dan tidak mempunyai elemen switching.

Wide Area Network (WAN)

Merupakan jaringan sejati (true networks),  mencangkup daerah geografis yang luas, dapat mencapai negara , benua. WAN terdiri dari kumpulan mesin yang bertujuan untuk menjalankan program - program pemakai.


Mesin-mesin biasa disebut sebagai host, Host dihubungkan oleh sebuah subnet komunikasi. Tugas subnet membawa pesan dari satu host ke host lainnya, subnet terdiri komponen utama : kabel transmisi dan elemen switching. Kabel transmisi -> Sirkuit, kanal, trunk yang memisahkan bit-bit dari satu mesin ke mesin lainnya. Elemen switching (router) -> komputer khusus yang dipakai untuk menghubungkan dua kabel transmisi atau lebih, saat menerima pesan router harus memilih jalur kabel yang mana untuk meneruskan pesannya. Topologisubnet untuk teknologi transmisi point-to-point dapat berupa : Bintang (star), Cincin (Ring), Pohon (Tree), Lengkap (Complete), Cincin berinterseksi (Intersecting ring), Sembarang (Irregular).

Jaringan Tanpa Kabel (Wireless Network)

Merupakan jaringan sejati (true networks),   untuk keperluan menghubungkan komputer jenis notebook,personal digital assistant (PDA), deskbook yang tidak mungkin menggunakan hubungan dengan kabel, maka diperlukan hubungan tanpa kabel (wireless).
Teknologi yang digunakan komunikasi digital tanpa kabel. Jaringan tanpe kabel sangatlah bermanfaat untuk keperluan mobile communication, dan dewasa ini merupakan pilihan bagi kebanyakan orang untuk menghubungkan komputernya ke jaringan.

Internetwork (Internet)

Banyaknya jaringan di dunia ini, seringkali dengan perangkat keras dan perangkat lunak berbeda-beda. Keinginan kebanyakan orang adalah menggabungkan seluruh jaringan yang ada di dunia ini, sehingga kebutuhan komunikasi antarkomputer akan mudah dipenuhi. Jawaban ini semua adalah dengan internetwork atau internet, yang merupakan kumpulan jaringan yang saling terinterkoneksi, jika sistem yang dikoneksikan tidak kompetibel maka diperlukan mesin gateway untuk keperluan penterjemahan guna menyampaikan paket yang diterima.


Sekian dari artikel Hardware Jaringan semoga bermanfaat !

Source : Buku Jaringan komputer dengan TCP / IP.

Share on Google Plus

About Rizky Hanum

Admin CreateShooter yang ingin menjadi sukses, suka tentang komputer dan suka mencoba custom rom android
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments: