Pengertian Local Area Network (LAN)

Halo semuanya ! ya karena kemaren saya udah bahas tentang Jaringan Workgroup , kali ini saya akan membahas artikel tentang Pengertian Local Area Network / LAN , bagi yang belum check artikel tentang Jaringan Workgroup bisa Click disini. Ya saya akan membahas LAN , yuk checkitout!

LAN (Local Area Network) adalah suatu kumpulan komputer, di mana terdapat beberapa unit komputer (client) dan satu unit komputer untuk bank data (server). Antara masing-masing client maupun antara client dan server dapat saling bertukar file maupun saling menggunakan printer yang terhuung pada unit-unnit komputer yang terhubung pada jaringan LAN.

Berdasarkan kabel yang digunakan, pada umumnya cara membuat jaringan LAN, yaitu dengan kabel BNC dan kabel UTP. selain itu beberapa jaringan LAN ada pula yang menggunakan kabel STP maupun Fiber Optic, media transmisi ini dipilih umumnya untuk jaminan pengiriman data, walaupun sebenarnya media transmisi ini agak berlebih untuk digunakan di jaringan LAN karena dapat menjangkau jarak yang relatif jauh, biasanya digunakan di jaringan WAN.

Berikut contoh gambaran sederhana  model jaringan LAN

Ada pula keuntungan dari Jaringan LAN :
  1. Pertukaran file dapat dilakukan dengan mudah ( file sharing), sehingga dapat dibentuk seolah-olah sistem mempunyai media penyimpanan (storage) yang besar, karena user dapat melakukan kerja file dari sembarang storage yang dibentuk dalam jaringan.
  2. Pemakaian peinter dapat dilakukan oleh semua unit komputer (Printer Sharing), sehingga seolah-olah setiap komputer mempunyai printer sendiri.
  3. File-file data dapat disimpan pada server, sehingga data dapat diakses dari semua client menurut otorisasi sekuritas dari semua karyawan, yang dapat dibuat berdasarkan struktur organisasi perusahaan sehingga keamanan data terjamin.
  4. File data yang keluar/masuk dari/ke server dapat di kontrol, atau dapat dibuat piranti lunak khusus untuk pantauan kondisi jaringan LAN. Dengan jaringan LAN dapat mudah dilakukan pantauan lalu lintas data dari mana subernya dan kemana data tersebut dikirim dan seberapa besar data tersebut dikirim.
  5. Proses backup data menjadi lebih muda dan cepat.
  6. Resiko kehilangan data oleh virus komputer menjadi sangat kecil sekali, karena memiliki data backup yang terpusat.
  7. Komunikasi antar karyawan dapat dilakukan dengan menggunakan Email&Chat secara multimedia. Pada jaringan LAN sistem lebih baik dibanding Workgroup karena dapat dibuat Mail server dan Chat Server.
  8. Bila salah satu unit komputer terhubung dengan modem yang dihubungkan ke Internet, maka semua atau sebagian unit komputer pada jaringan ini dapat mengakses ke jaringan Internet atau dapat pula mengirimkan fax melalui satu modem.
  9. Dapat melakukan permainan (game) dalam jaringan, sehingga nampak terjadi kompetisi pemainan yang sesungguhnya.
Sekian dari artikel Pengertian Local Area Network (LAN) , semoga bermanfaat!



Share on Google Plus

About Unknown

Admin CreateShooter yang ingin menjadi sukses, suka tentang komputer dan suka mencoba custom rom android
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments: