Penjelasan Jaringan Workgroup

Halo semuanya ! lama udah nggak update lagi yaa , kali ini saya akan membahas artikel tentang Penjelasan Jaringan Workgroup , gausah basa basi dah yok cus!

Jaringan Workgroup terdiri dari beberapa unit komputer yang dihubungkan dengan menggunakan NIC (Network Interface Card) atau yang biasa disebut dengan LAN Card (Local Area Network Card). Pada umumnya banyak yang menggunakan kabel BNC maupun UTP untuk media transmisinya, di samping media transmisi lainnya yang ada. Semua unit komputer yang terhubung dapat mengakses data dari unit komputer lainnya dan juga dapat melakukan pencetakan document pada printer yang terhubung dengan unit komputer lainnya , yang umum dikenal dengan File dan Printer Sharing.

Berikut contoh sederhana dari model jaringan workgroup #terlalu simple ini :v


Adapula keuntungan jaringan Workgroup :

  1. Pertukaran file dapat dilakukan dengan mudah (File Sharing), sehingga dapat dibentuk seolah-olah sistem mempunyai media penyimpanan (storage) yang besar, karena user dapat melakukan kerja file dari sembarang storage yang dibentuk dalam jaringan.
  2. Pemakaian printer dapat dilakukan oleh semua unit komputer (Printer Sharing), sehingga seolah-olah setiap komputer mempunyai printer sendiri.
  3. Akses data dari/ke unit komputer lain dapat dibatasi dengan tingkat sekuritas pada password yang diberikan.
  4. Komunikasi antar karyawan dapat dilakukan dengan menggunakan Email & chat secara multimedia.
  5. Bila salah satu unit komputer terhubung dengan modem yang dihubungkan ke Internet, maka semua atau sebagian unit komputer pada jaringan ini dapat mengakses ke jaringan Internet atau dapat pula mengirimkan fax melalui satu modem.
  6. Dapat melakukan permainan (game) dalam jaringan, sehingga nampak terjadi kompetisi permainan yang sesungguhnya.
Sekian dari artikel Penjelasan Jaringan Workgroup , semoga bermanfaat !
Share on Google Plus

About Rizky Hanum

Admin CreateShooter yang ingin menjadi sukses, suka tentang komputer dan suka mencoba custom rom android
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments: