Hubungan Antara C Dan C++

     Seperti yang telah disinggung sebelumnya (baca: Mengenal C++), C++ merupakan bentuk perluasan dari bahasa C. C dan C++ seperti layaknya saudara kandung, kakak-adik. Dalam bahasa C/C++, tanda ++ merupakan increment, yaitu proses penambahan dukungan terhadap pemrograman berorientasi objek. Dengan demikian, C++ adalah bahasa C yang ditambah dengan kemampuan atau dukungan terhadap pemrograman berorientasi objek. Karena itulah semua yang bisa Anda lakukan dalam bahasa C, pasti akan bisa dilakukan di dalam bahasa C++. Namun, hal ini tidak berlaku sebaliknya. Ini berarti bahwa semua compiler C++ pasti bisa digunakan untuk melakukan kompilasi kode program yang ditulis dalam bahasa C. Akan tetapi, Anda tidak akan bisa melakukan kompilasi kode program yang ditulis dalam bahasa C++ menggunakan compiler C++.

Pengetahuan tentang bahasa C akan sangat membantu Anda dalam proses pembelajaran C++, walaupun sebenarnya tidak mutlak. Artinya, Anda tidak perlu memaksakan diri untuk mempelajari bahasa C terlebih dahulu. Bagi Anda yang belum pernah menggunakan bahasa C, tetap saja dapat mempelajari C++ dengan mudah. Tidak ada yang perlu Anda takutkan atau cemaskan, karena disini kita akan membahas C++ dari awal sampai akhir, A sampai Z.

Kedua bahasa ini (C dan C++) merupakan bahasa yang sangat populer dalam dunia pengembangan perangkat lunak. Keduanya digolongkan kedalam bahasa tingkat menengah (middle level language). Di sisi lain, dalam dunia akademis, seorang profesor yang bernama Niklaus Wirth di Universitas Zurich, Swiss, mengembangkan bahasa tingkat tinggi (high level language) yang disebut dengan bahasa Pascal untuk mengajarkan algoritma kepada para mahasiswanya. Maka dari itu, di lingkungan akademis bahasa Pascal lebih populer dibandingkan bahasa C atau C++. Sebagai bahan pengetahuan bagi Anda, berikut ini pengelompokan tingkatan dari bahasa pemrograman.


Bahasa Tingkat Tinggi       =                                  Ada
    Modula-2
Pascal
   COBOL
        FORTRAN
 BASIC

Bahasa Tingkat Menengah   =                         Java
                                                                            C++
                                                                            C
                                                                            FORTH

Bahasa Tingkat Rendah       =                        Macro-Assembler
                                                                          Assembler



Dari tabel tersebut dapat kita lihat bahwa bahasa pemrograman yang terdapat pada bagian paling atas merupakan bahasa pemrograman yang paling mudah untuk dipahami. Sebagai contoh, C adalah bahasa yang lebih sulit dibandingkan dengan bahasa Java, dan seterusnya.

Menurut Bjarne Strustrup (pencipta C++), alasan mengapa C diambil sebagai bahasa dasar dari pembentukan bahasa C++ adalah sebagai berikut:

  • Dapat dihubungkan dengan bahasa tingkat rendah
  • Berjalan di manapun dan untuk masalah apa pun
  • Berjalan mulus dalam sistem operasi UNIX
Sekian artikel Hubungan Antara C dan C++ dari saya , semoga bermanfaat !

Sumber : Buku Pemrograman C++ : Mudah Dan Cepat Menjadi Master C++
Mengungkap Rahasia-Rahasia Pemrograman Dalam C++
Share on Google Plus

About Rizky Hanum

Admin CreateShooter yang ingin menjadi sukses, suka tentang komputer dan suka mencoba custom rom android
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments: